Home » » Satu Milyar Dolar untuk IMF, Nol untuk Rohingya

Satu Milyar Dolar untuk IMF, Nol untuk Rohingya

Written By Unknown on Monday, July 30, 2012 | 9:19 PM

Wasekjen MUI DR Amirsyah Tambunan
saat memberikan sambutan dalam acara pemberangkatan tim pertama  SOS untuk Rohingya ACT

Desakan MUI kepada Pemerintah Indonesia kembali disuarakan saat acara pemberangkatan tim pertama Simpaty of Solidarity (SOS) Rohingya yang telah memperoleh izin masuk ke Bangladesh.

Acara berlangsung di Mushola Kemanusiaan ACT (Aksi Cepat Tanggap), Komplek Perkantoran Ciputat Indah Permai, Ciputat, Tangerang Selatan, Ahad (29/7/2012). Hadir mewakili MUI, Wakil Sekretaris Jenderal MUI Dr. Amirsyah Tambunan dan Ketua Komisi Luar Negeri MUI Dr. Saleh Daulay.

Dr. Amirsyah mengatakan, tiga hal yang seharusnya dilakukan Pemerintah Indonesia. Pertama, melakukan diplomasi dengan lembaga-lembaga dunia. “Pertumbuhan ekonomi Indonesia termasuk tertinggi di dunia, yakni masuk tiga besar dunia. Seharusnya, prestasi ini menjadikan langkah-langkah Indonesia diperhatikan dan didengar dunia,” kata Dr. Amirsyah.

Amirsyah juga menyatakan keheranannya, mengapa pemerintah tidak memanfaatkan posisi Indonesia sebagai Sekjen ASEAN untuk memberikan pengaruh kebaikan bagi perdamaian di kawasan ASEAN.

Yang kedua, Pemerintah semestinya memberikan bantuan konkret untuk Rohingya. “IMF saja diberi bantuan sampai nyaris satu triliun, mengapa Rohingya tidak. Padahal bantuan yang diberikan, digunakan untuk menyelamatkan masyarakat Eropa yang mengalami krisis ekonomi. Sedangkan rakyat Rohingya, jauh lebih parah nasibnya,” gugat Amirsyah.

Ketiga, “Dan ini selemah-lemahnya iman, kita terima pencari suaka dari Rohingya. Indonesia negara besar, pasti mampu membantu mereka. Sediakan saja sebuah pulau, mereka yang terlepas dari ancaman dan penderitaan, akan sangat bersyukur dan pasti bisa bekerja keras memulihkan kehidupannya. Pada saatnya, kehadiran mereka akan punya nilai kontribusi bagi negeri ini,” kata Amir.

Sebelum menutup sambutannya dengan nasihat dan doa, Amirsyah menegaskan,”Langkah konkret seperti ACT ini, seharusnya sudah saatnya menjadi langkah pemerintah. Sebagai negara besar, tidak ada alasan untuk tidak memperlihatkan kepemimpinan kita di tengah kondisi krisis kemanusiaan seperti ini,” ujarnya.

Ya, seperti diungkap Dr Amirsyah di atas, satu milyar dolar bisa untuk IMF–yang katanya untuk membantu krisis ekonomi Eropa (hebat bisa bantu Eropa yang hidupnya jauh lebih nyaman)–tapi nol alias sepeser pun tak ada buat Rohingya yang lebih membutuhkan uluran tangan, yang dibantai, terusir dan kelaparan. Jangankan memberi bantuan, bersuara sebagai tanda simpati pun sampai hari ini tak ada! Sungguh, sangat terlalu!

(itoday/salam-online)


___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | PKS PIYUNGAN | PKS Tegal | PKS Magelang | PKS Jaktim | PKS Pontianak | PKS Sumut | MBO indonesia | Caksub
Copyright © 2013. PKS Kedungkandang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger