Home » » 25 Tahun, Apa Capaian Hamas?

25 Tahun, Apa Capaian Hamas?

Written By DPC Pkskedungkandang on Friday, December 7, 2012 | 7:57 PM

Oleh Husam Ad-Dajni

Hamas hari ini (Sabtu, 8/12) tepat hari jadinya ke 25 tahun. Apa capaiannya selama ini sebagai gerakan perlawanan Islam?

Capaian Hamas bisa diringkas dalam tiga level:

1. Level Organisasi

Hamas berhasil membangun jaringan kelembagaan yang mengendalikan semua hubungan dan kaitan organisatoris dalam bidang politik, keamanan, ekonomi, social, olahraga dan lain-lainnya.

Sehingga dalam hal ini, peran personal individual yang mengambil alih peran organisasi menjadi hilang. Ini jelas terlihat gagalnya politik pembantaian, penangkapan, dan pengusiran yang dilakukan Israel terhadap elit Hamas yang bertujuan ingin mematikan gerakan ini melalui pemakzulan elitnya sejak gerakan ini dilahirkan hingga sekarang. Sebaliknya, Hamas berhasil memetik kinerjanya berupa dukungan dan simpati dunia Arab dan internasional. Hal itu diwujudkan dengan kemenangan Hamas dalam pemilu tahun 2006 dan kemenangan sejumlah kadernya dalam pilkada Palestina, asosiasi dan kemahasiswaan. Selain itu, pendidikan (tarbiyah) loyalitas kepada pemimpin telah menghalangi infiltrasi terhadap organisasi ini baik itu melalui isu yang dihembuskan di media atau lainnya.

2. Level Nasional

Hamas menjadi salah satu gerakan perjuangan nasional Palestina dengan berbagai bentuk perlawanannya. Hamas ikut dalam menanamkan budaya politik nasional yang memiliki dimensi ideology yang bertumbuh kepada prinsip nasional, membangun generasi mukmin yang hafal dan menjaga kitab Allah dan terilhami dalam perlawanannya  oleh dimensi ideology sehingga semakin memperkokoh semangat dan tekad bangsa Palestina dan menjaganya dari infiltrasi luar. Faktor persaudaraan di kalangan kader Hamas telah menambah kekebalan organisasi dan gerakan Islam di Palestina. Pengalaman Hamas dalam pemerintahan dan blockade telah menjadi bukti kekuatan mereka dalam menghadapi cobaan demi cobaan.

3. Level Regional dan Internasional

Di level regional dan internasional, permasalahan Palestina kembali menjadi isu utama dan mencuri simpati dunia, bangsa Arab dan dunia Islam secara khusus. Terutama Jalur Gaza yang menjadi fokus utama simpati dunia. Utusan, kafilah, delegasi resmi dan non resmi berdatang tak henti ke Jalur Gaza baik melalui perlintasan Rafah atau melalui laut meditrania yang memiliki dimensi strategi di kalangan dunia Arab dan Islam. Ini melemahkan posisi Israel dan barat. Hal itu kemudian diterjemahkan dengan dukungan Negara dunia terhadap Palestina dalam voting di Majlis Umum PBB sebagai Negara pemerhati non anggota di PBB. Setelah Israel dan tim kuartet untuk perdamaian internasional menyadari bahwa isolasi Hamas dan memaksanya dengan syarat-syarat zhalim justru menjadikan gerakan ini mampu mengubah kaidah permainan dan mengubah opini di barat.

Kemenangan Hamas di Palestina juga menginspirasi Arab Spring menjadi gerakan menggulingkan rezim otoriter di kalangan Arab (kawasan teluk).

Hamas mampu mengawinkan antara perjuangan perlawanan bersenjata dengan pemerintahan. Ini yang memaksa sejumlah Negara harus duduk bersama Hamas untuk melakukan gencatan senjata atau mengadopsi sebagian gagasannya dalam isu regional atau internasional atau ikut dalam mengegolkan kesepakatan pertukaran tawanan dimana Hamas mampu membebaskan lebih dari 1000 tawanan Palestina setahun lebih yang lalu.

Dalam agresi terakhir, Hamas juga mampu membalik kebodohan Israel membantai Ahmad Jabari, wakil komandan umum Brigade Al-Qassam dengan tercapainya gencatan senjata yang diminta Israel sendiri. 22 Januari (saat pemilu Israel -ed) diperkirakan akan menjadi kejutan buruk bagi koalisi Likud akibat (kekalahan) agresi Pillar Of Claud ke Jalur Gaza kemarin.

Selain itu, sebagian pihak menyatakan bahwa negara-negara Eropa berusaha untuk menghapus Hamas dari daftar organisasi teroris internasional. (infopalestina)

Setelah 45 tahun di pengasingan, Kholid Misyal akhirnya bisa ke Gaza menghadiri peringatan 25 tahun Hamas (7/12/12)


___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | PKS PIYUNGAN | PKS Tegal | PKS Magelang | PKS Jaktim | PKS Pontianak | PKS Sumut | MBO indonesia | Caksub
Copyright © 2013. PKS Kedungkandang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger