Home » » Beri Peluang Kader Baru | Pencalegan PKS

Beri Peluang Kader Baru | Pencalegan PKS

Written By Unknown on Thursday, December 27, 2012 | 7:10 PM

Menindak lanjuti instruksi Pusat, DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kota Surabaya, telah melakukan penjaringan bakal calon legeslatif (Caleg), mulai dari tingkat kecamatan hingga di tingkat kota. Penjaringan bakal Caleg PKS ini, telah di lakukan sejak bulan Oktober 2012 lalu, dan sekarang telah memasuki tahap verifikasi.

Sekertaris umum DPD PKS Kota Surabaya, Achmad Zakaria, menjelaskan, setelah PKS dinyatakan lolos verifikasi faktual untuk wilayah Surabaya, maka kini agenda partai selanjutnya yaitu mem-verifikasi bakal Caleg yang telah mengikuti penjaringan sejak 2 bulan terakhir ini.

“Penjaringan bakal Caleg ini kita lakukan hingga di tingkat kecamatan mulai awal Oktober hingga Akhir November. Sekarang penjaringan dilanjutkan di tingkat provinsi.Dari provinsi nanti, nama bakal Caleg tersebut akan di serahkan ke pusat,”kata Achmad Zakaria, Kamis (20/12/2012).

Penjaringan bakal Caleg ini, bukan saja diikuti oleh kader di internal partai, namun juga dari masyarakat lainnya. Menurut Achmad Zakaria, pelaksanaan penjaringannya, dibedakan antara kader dengan masyarakat umum, dan nama para bakal Caleg yang sudah ikut penjaringan di wilayah kecamatan hingga tingkat kota, tidak akan berubah saat verifikasi di tingkat provinsi.

“DPW PKS Jawa Timur, tidak akan merubah total daftar nama para bakal Caleg. Ya paling mereka hanya memverifikasi data data,kompentensi, keterwakilan perempuan 30 persen. Ketokohan dan domisili. Mungkin selesai Minggu depan,” jelas-Nya.

Lebih lanjut, Achmad Zakaria menambahkan, selama proses penjaringan berlangsung, para bakal Caleg PKS ini, tidak dibebani biaya adminsitrasi apapun, termasuk biaya formulir pendaftaran. “tidak ada, tidak ada biaya apapun yang dibebankan, termasuk biaya pendaftaran,” Tambahnya.

Menurut Achmad Zakaria, mengacu pada undang undang, semua masyarakat memang dapat mengajukan diri menjadi calon legeslatif dari partai mana-pun, termasuk PKS. Asal bersedia menjadi anggota partai politik, mempunyai kesamaan visi dan sanggup menang diwilayahnya masing-masing.

“PKS membuka kesempatan siapapun untuk maju dalam Pemilu mendatang, tanpa beban biaya administrasi. Asalkan mempunyai visi-misi sama dan sanggup memenangkan PKS di daerahnya masing-masing,” terangNya.

Para bakal Caleg PKS yang nanti lolos verifikasi dan akan mengikuti Pemilu Legelslatif 2014 mendatang, mempunyai peluang sama dengan kader PKS yang kini sudah duduk di lembaga legeslatif periode sekarang. Menurut Achmad Zakaria, para anggota dewan dari PKS yang kini masih menjabat, nantinya belum tentu mendapat rekomendasi dari partai untuk bisa mencalonkan kembali.

“Belum tentu, karena semua akan diberlakukan sama. Para kader PKS yang sekarang jadi legeslatif juga akan di verifikasi faktual, bersama bakal Caleg lainnya. Kalo mereka tidak lolos, ya akan dicoret. Termasuk para pengurus yang menjadi bakal caleg,” tegasNya.

Proses Verifikasi nanti, akan melalui beberapa tahapan, yaitu pemilihan rakyat(Pemira) ditingkat kecamatan dan kota yang diikuti oleh kader yang memiliki hak pilih dan para pengurus di 31 kecamatan. Kemudian musyawarah tingkat kota dan musyawarah tingkat wilayah. Menurut Zakaria, jika para bakal Caleg ingin lolos verivikasi, mereka harus mendapatkan dukungan terbanyak dalam ke tiga moment tersebut.*

*http://d-onenews.com/blog/pks-beri-peluang-kader-baru/



___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | PKS PIYUNGAN | PKS Tegal | PKS Magelang | PKS Jaktim | PKS Pontianak | PKS Sumut | MBO indonesia | Caksub
Copyright © 2013. PKS Kedungkandang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger