Home » , » Forum Halaqah Terakhir Ukhti Elly

Forum Halaqah Terakhir Ukhti Elly

Written By DPC Pkskedungkandang on Sunday, December 2, 2012 | 6:45 PM


Oleh : Cahyadi Takariawan

Tidak ada yang menyangka, kemarin Jumat, 30 November 2012, adalah pertemuan halaqah terakhir bagi ukhti Elly. Tidak seperti biasa, ukhti Elly datang ke forum halaqah dengan wajah yang tampak sangat pucat dan wajahnya lebam-lebam kehitaman.

Para ummahat menanyakan kondisinya. "Saya baik saja, hanya kurang tidur dan kurang makan, karena tidak ada selera", jawab ukhti Elly.

Tubuhnya yang kurus memang tengah didera berbagai penyakit. Dua tahun terakhir mengidap hyperthyroid. Memang pernah menjalani operasi thyroid, namun justru menyisakan masalah lain. Setiap  tidur menimbulkan bunyi dengkur, dan belakangan bahkan sulit tidur.

Beberapa hari terakhir ukhti Elly memang mengalami gejala sulit tidur. Nafasnya menjadi sesak setiap tidur berbaring. Akhirnya ukhti Elly kerap tidur dengan posisi duduk bersandar dinding. Dengan posisi tidur seperti ini, membuatnya mudah terjatuh. Wajahnya membentur lantai setiap kali terjatuh dalam tidurnya yang tidak pernah pulas.

Itulah sebabnya wajahnya tampak lebam kehitaman. Sering terbentur lantai karena terjatuh saat tidur sambil duduk bersandar.

Kondisi kesehatannya semakin menurun. Badannya lemah karena tidak selera makan. Sehari hanya mampu menyantap tiga suap nasi, itupun sering muntah. Dua anaknya yang menemani di rumah, Dafi dan Iffah, sudah berkali menyarankan agar ukhti Elly periksa ke dokter, namun selalu ditolak. "Umi capek", kata Ukhti Elly setiap kali diajak berobat ke dokter.

Tubuhnya yang kurus tampak semakin pucat hari Jumat kemarin. Tidak peduli sakit yang dirasakan, ukhti Elly tetap berangkat ke forum halaqah, sesuai jadwal. Bahkan Jumat pekan sebelumnya (23/11) masih hadir dalam aksi munasharah Palestina. Luar biasa semangatnya untuk selalu terlibat dalam dinamika dakwah.

Para ummahat menawarkan mengajak makan siang bersama Jumat kemarin, dan ukhti Elly tampak bahagia. "Saya ingin makan masakan Padang", katanya. Maka diantarlah ukhti Elly ke rumah makan Padang.

"Apa nanti tidak kemahalan kalau di rumah makan Padang?" tanya ukhti Elly.

"Jangan pikirkan mahalnya ukhti. Kami yang bayar", kata seorang ummahat.

Tidak ada yang menyangka, itu adalah forum halaqah terakhir dan acara makan siang terakhir bagi ukhti Elly. Para ummahat melihat ukhti Elly tampak bahagia di siang itu, walaupun wajahnya pucat dan ada lebam-lebam.

Pulang dari forum halaqah, ukhti Elly kembali istirahat. Seperti biasa, malam itu ia memilih tidur di bawah, di ruang keluarga. Bukan di kamar tidur. Sambil duduk bersandar ukhti Elly mencoba memejamkan mata. Tak cukup mudah baginya untuk terlena. Sesekali terjatuh ke lantai.

Jam sepuluh malam, Dafi pulang dari kerja, membangunkan Uminya agar tidur berbaring. Ukhti Elly masih menjawab “Ya”. Dafi segera masuk ke kamarnya untuk istirahat. Namun sekitar jam sebelas malam, Iffah berteriak histeris karena menjumpai uminya terbaring kaku. Allah telah memanggilnya. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.

"Umi capek", itu yang sering disampaikan kepada anak-anaknya akhir-akhir ini. Allah berkenan mengistirahatkan ukhti Elly dalam kedamaian. Allah yang akan mengobati semua sakit dan derita yang pernah dirasakan. Allah yang akan menghibur semua kesedihan yang selama ini dipendam dalam-dalam.

Tidak ada yang menyangka, kemarin Jumat, 30 November 2012, adalah pertemuan halaqah terakhir bagi ukhti Elly. Tubuhnya yang kurus dan berbagai sakit yang diderita, tidak menghalanginya untuk tetap berangkat menunaikan kegiatan halaqah.

Seakan ia ingin mengucapkan salam perpisahan. Ia ingin makan siang terakhir ditemani para ummahat satu halaqah. Ia ingin mengabarkan, betapa bahagia hatinya berada dalam jama'ah ini. Ia ingin mengungkapkan, betapa kerinduan yang amat besar untuk selalu berada dalam kehangatan halaqah.

Namun kerinduan ukhti Elly kepada Allah lebih besar lagi. Maka iapun menghadap Allah dengan segenap kepasrahan dan cinta kepada-Nya.

Selamat jalan ukhti, semoga husnul khatimah. Aamiin.


Perjalanan Solo - Jogja, sabtu 1 Desember 2012




___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | PKS PIYUNGAN | PKS Tegal | PKS Magelang | PKS Jaktim | PKS Pontianak | PKS Sumut | MBO indonesia | Caksub
Copyright © 2013. PKS Kedungkandang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger