Home » » Aleg PKS Terjun ke Daerah Serap Aspirasi Perawat terkait RUU Keperawatan

Aleg PKS Terjun ke Daerah Serap Aspirasi Perawat terkait RUU Keperawatan

Written By DPC Pkskedungkandang on Wednesday, April 25, 2012 | 5:32 PM

Anggota DPR RI Dapil Kepuluan Riau Herlini Amran menyerap aspirasi Perawat Propinsi Kepulauan Riau pada saat Reses Masa Sidang ke 3 tahun 2012 terkait masukan terhadap Rancangan Undang Undang (RUU) Keperawatan yang saat ini di bahas di DPR.

"Saat ini panja RUU keperawatan di Komisi IX DPR sedang intens membahas konten RUU Keperawatan, oleh karena itu saya sedang banyak meminta saran dan masukan agar output dari RUU ini dapat keluar secara optimal,” kata Herlini anggota Panja RUU Keperawatan hari selasa 24 April 2012 lalu.

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa jumlah perawat di Indonesia sekitar 624.000 orang, sedangkan jumlah dokter mencapai 70.000 orang. “Jadi, faktanya 60 persen tenaga kesehatan adalah perawat,” kata Herlini.

Herlini menambahkan, “Dengan jumlah lulusan perawat yang besar tersebut merupakan potensi untuk pemerataan sumber daya kesehatan ke seluruh wilayah di Tanah Air” tambahnya

Menurut informasi ketua PPNI Irnal Syafie, jumlah perawat di Kepri sekitar 1700 orang dan 80 persen nya tersebar di Kota Batam. "Perawat di Kepri sangat berharap RUU Keperawatan dapat segera di sahkan. Mereka sudah lama menunggu adanya RUU ini," ujarnya.

Legislator Fraksi Partai Keadilan Sejahtera mengatakan bahwa di daerah Kepuluan seperti Kepulauan Riau tenaga perawat sangat dibutuhkan, Jumlah dokter dan perawat yang saat ini berjumlah satu banding tiga dengan perawat di Kepri belum mampu mengakomodir permasalah masyarakat. “Saya berharap perawat memiliki perlindungan saat bertugas terutama untuk perawat yang berada di daerah Kepulauan,” imbuhnya.

Beberapa tujuan dibentuknya RUU Keperawatan itu untuk memajukan kesejahteraan umum sebagai salah satu tujuan nasional. Ini seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, perlu diselenggarakan pembangunan kesehatan.

"Penyelengaraan pembangunan kesehatan diwujudkan melalui penyelenggaraan pelayanan kesehatan, termasuk pelayanan keperawatan. Dimana penyelengaraan pelayanan keperawatan harus dilakukan secara bertanggung jawab, akuntabel, bermutu, aman, dan terjangkau oleh perawat yang telah tersertifikasi, registrasi, dan lisensi," pungkasnya.





___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | PKS PIYUNGAN | PKS Tegal | PKS Magelang | PKS Jaktim | PKS Pontianak | PKS Sumut | MBO indonesia | Caksub
Copyright © 2013. PKS Kedungkandang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger