Home » , » Menapaki Peradaban Melalui Pena

Menapaki Peradaban Melalui Pena

Written By DPC Pkskedungkandang on Sunday, April 22, 2012 | 5:14 PM



Oleh Ridwansyah Yusuf
@udayusuf
Planner at Institut Teknologi Bandung |
Activist at Indonesian Student Coalition (ISC)




1. bicara tentang peradaban, maka kaitan dgn keilmuan dan pengetahuan akan sangat erat. mereka kuasai ilmu akan kuasai peradaban. #academia

2. Romawi pernah kuasai peradaban, Islam pernah kuasai peradaban, kini barat yg menguasai peradaban. silih berganti. estafet ilmu. #academia

3. di masa sebelum masehi, mesir dan cina dikenal sebagai tonggak ilmu. berbagai bentuk mahakarya pun lahir pada zaman tsb. #academia

4. kita mengenal sejarah panjang cina dgn herbal dll. mesir dgn ilmu pertanian dan konstruksi. bukti nyata ilmu mereka kuasai. #academia

5. lalu berganti ke romawi, mereka membuat bangunan-bangunan besar dan estetis. keilmuan arsitek, sipil, dan hukum berkembang. #academia

6. colloeseum, aquaduc cth mahakarya teknik konstruksi, codex-democracy sebagai btk karya hukum romawi. jaya pd masanya. #academia

7. romawi juga dikenal dgn kemampuan pasukan dan dan militernya. teknologi tinggi. simbol kejayaan masa itu. #academia

8. tak heran banyak filsuf dan pemikir lahir di romawi. merekalah tonggak peradaban romawi yang mahsyur saat itu. dahsyat. #academia

9. peradaban pun silih berganti estafetnya. Islam pernah mengusasi peradaban utk lbh dr 8 abad. para ilmuwan Islam pun lahir. #academia

10. ahli kedokteran, sastra, politik, ahli teknik. semua pun bermunculan dan mengisi kejayaan kekhalifan Islam selama 8 abad ini. #academia

11. Penguasaan Islam thd peradaban ini memang tidak main-main, 2/3 dunia berada dlm nauangannya&berhasil memberikan kesejahteraan. #academia

12. al khawarizmi penggagas algoritma, ibnu sina di bidang kedokteran, dan kebanyakan polimet (banyak ilmu). #academia

13. hebatnya ilmuwan Islam, mereka polymath (menguasai banyak keilmuan), sehingga cara pandang mereka komprehensif. #academia

15. 8 abad menguasai dunia, Islam telah membuktikan sebagai guru peradaban yg adil dan memberikan kesejahteraan. #academia

16, ketika Islam mulai berangsung dikalahkan dan di usir, warga kota sedih dan merasa kehilangan. non-muslim sekalipun. #academia

17. akhirnya Islam pun berganti, eropa dan amerika (barat) menguasai dunia. dengan pendekatan yang berbeda. ilmu pun dikuasi o/mrk. #academia

18. galileo, da vinci, newton, colombus, dan banyak lagi kelompok berilmu lahir dari dunia barat.hingga skrg bill gates,steve jobs. #academia

19. pelajaran dikelas saat ini sangat di dominasi oleh ilmuwan barat yg telah mempaharui tingkat penemuan dr ilmuwan sblmnya. #academia

20. dan semua produk yg kita gunakan adlh hasil manifestasi keilmuan dari barat. sang penguasa dunia saat ini. #academia

21. dr sini kan kita bisa lihat. sejarah membuktikan. bangsa yg kuasai ilmu akan kuasai dunia. dan lebih lanjut, peradaban. #academia

22. saya mengetik dgn laptop buatan sony, software microsoft, internetnya google, dan situsnya twitter. ah iya. mouse buatan cina. #academia

23. saya bicara dalam konteks Indonesia dan Islam. sudahkah negeri ini, atau agama ini menguasai ilmu dan teknologi saat ini. #academia

24. pd tahun 90an kita mengenal negarawan muslim bernama Habibie yg menggagas IPTN. barat khawatir, IPTN dikerdilkan via IMF. #academia

25. bila saat itu Indonesia tetap bisa mengembangkan IPTN nya, dunia sangat meyakini sudah mampu menandingi sukhoi dan embrarer. #academia

26. tp sejarah berkata lain, sang penguasa peradaban tidak ingin ilmu pengetahuan beralih tongkat estafetnya. #academia

27. keadaan negeri dan agama ini sangat terpuruk dalam konteks keilmuan. sederhana aja, dan riset kita hanya 0.03% dr APBN. #academia

28. singapura, dan risetnya 3% dr APBN, malaysia 2%, cina 5%. kita masih sangat jauh. cina wajar kuat saat ini,berupaya ambil alih. #academia

29. cina sadar itu,mereka melakukan apa yg dinamakan reverse engineering. produk BB keluar hari ini,blue berry keluar pekan depan. #academia

30.ditambah lagi banyak dosen projector krn memang kesejahteraannya blm ditanggung dgn baik oleh pemerintah. #academia

31. peneliti bukanlah sebuah posisi yg dianggap menarik buat anak muda sekarang. krn identik dgn lab dan jurnal ilmiah. #academia

32. ditambah lagi dgn apresiasi (materi) yg diberikan kepada peneliti di negeri ini. sangat mengenaskan. butuh peningkatan. #academia

33. ditambah lagi dgn kualitas lulusan kampus yg makin tidak bisa dijaga kesinambungannya. membuat dunia penelitian tenggelam. #academia

34. melalui kesempatan ini, saya mengajak sahabat semua yg punya minat menjadi peneliti, agar bisa memfokuskan diri pada bdg ini. #academia

35. bikin penelitian, buat publikasi, kaitkan dgn masyarakat dan industri. bikin model yg bisa jadi kebijakan. #academia

36. dengan mengaitkan hasil penelitian dgn industri-kebijakan pemerintah-kesejahteraan masyarakat. hasil #academia akan semakin nyata.

37. Henry Etkowitz menyebutnya dengan Triple Helix. sebuah kolaborasi manis diantara semua stakeholder pembangunan. #academia sbg inti.

38. kaitan #academia dgn industri sangat terkait dgn rekayasa industri, teknologi terbaru, sistem dan manajemen perusahaan.–> produktivitas.

39. kaitan #academia dgn masyarakat a.l inovasi sosial, teknologi aplikatif, penguatan kapasitas komunitas,edukasi,dan advokasi -> sejahtera.

40. kaitan #academia dgn pemerintah adalah penguatan kelembagaan, supervisi kebijakan, rekomendasi strategi pembangunan –> daya saing.

41. sangat banyak tentunya contoh-contoh lain bila ingin disebutkan, kita bisa diskusi lebih panjang. tp semangatnya seperti itu. #academia

42. maka memang bila sahabat semua sedang mengerjakan tugas akhir, diseriuskan untuk jadi publikasi. agar jd manifestasi keilmuan. #academia

43. kebijakan @dikti mewajibkan tugas akhir jadi jurnal memang memiliki niat yg sangat baik. mungkin proses sosialisasinya krg tpt. #academia

44. semakin banyak jurnal ilmiah bagi sebuah kampus tentu akan menjadi nilai tambah buat kampus asalnya. kesempatan publikasi. #academia

44. satu mahasiswa menghasilkan satu karya ilmiah. disesuaikan dgn roadmap penelitian dr sebuah kampus. sangat dahsyat. #academia

45. dan memang harusnya pemerintah bisa kasih insentif buat peneliti muda yg bekarya. spt apresiasi materi dll. #academia

46. tugas akhir saya masuk ke jurnal nasional&saya presentasikan di konferensi internasional.tp tdk ada satupun bantuan pemerintah. #academia

47. dilema jadinya,krn saya peneliti, saya mau saja susah payah upayakan paper/tugas akhir saya.tp buat mrk yg tdk ? pasti tdk mau. #academia

48. mari anak muda Indonesia. perkaya keilmuan negeri ini. sekarang kita kenal dgn research university. next : entreprise univ ! #academia

49. kampus tdk hanya sbg riset dan menumpuk dokumen di perpus. tp bisa diaplikasikan ke stakeholder pembangunan lain. #academia

50. dari pena kita rangkai peradaban nusantara :-) pesan terakhir saya : mari kita buat Indonesia Tersenyum. #academia
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | PKS PIYUNGAN | PKS Tegal | PKS Magelang | PKS Jaktim | PKS Pontianak | PKS Sumut | MBO indonesia | Caksub
Copyright © 2013. PKS Kedungkandang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger