Home » , » Al-Afiyah ( العافية ), Pemberian Terbaik dari Allah setelah Iman

Al-Afiyah ( العافية ), Pemberian Terbaik dari Allah setelah Iman

Written By DPC Pkskedungkandang on Thursday, May 3, 2012 | 4:21 PM

العافية

اللهم إني أسألك العافية في الدنيا والآخرة اللهم إني أسألك العفو والعافية في ديني ودنياي وأهلي ومالي


Abdullah bin Umar RA berkata: Rasulullah shalallahu ‘alai wasallam tidak pernah meninggalkan do’a ini baik pada waktu pagi dan petang:

"Ya Allah aku memohon kepada-Mu keselamatan baik di dunia dan akherat, Ya Allah aku memohon kepada-Mu ampunan, juga keselamatan dalam agamaku, duniaku, keluargaku dan hartaku”.

Diriwayatkan oleh Al-Turmudzi di dalam sunannya dari Mu’adz bin Rifa’ah dari bapaknya berkata: Abu Bakar berdiri di atas mimbar kemudian menangis lalu berkata: Sungguh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam berdiri pada tahun pertama hijrah di atas mimbar kemudian menangis, dan beliau bersabda: "Mintalah kepada Allah subhanahu wa ta’ala ampunan ('afwa) dan keselamatan ('afiyah), sesungguhnya seseorang tidak diberikan sesuatu setelah keyakinan (iman) yang lebih baik dari keselamatan ('afiyah)”.

Dalam kamus bahasa Arab, kata afiat ('afiyah) diartikan sebagai perlindungan Allah untuk hamba-Nya dari segala macam bencana dan tipu daya.

Ibnul Qoyim rahimahullah berkomentar tentang hadits di atas: Dia menghimpun antara dua afiat yaitu afiat pada sisi agama dan sisi dunia, dan seorang hamba tidak akan mendapat kebaikan baik di dunia dan akherat kecuali dengan keyakinan (iman) dan afiat. Dengan keyakinan (iman) seseorang bisa menolak segala siksa di akherat sementara dengan afiat seseorang bisa menolak penyakit duniawi di dalam hati dan badannya, maka dia telah mengumpulkan kemaslahatan perkara akherat dalam satu kalimat dan kemaslahatan seluruh perkara dunia pada satu kalimat”. (Tuhfatuz Zakirin: halaman: 305)

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Abi Hurairah radhiyallahu’anhu berkata: Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda, “Tidak ada do’a yang dipanjatkan oleh seorang hamba yang lebih baik dari: “Ya Allah aku memohon kepadamu 'afiyat di dunia dan akherat”. (Ibnu Majah di dalam kitab sunannya no: 3851 di shahihkan oleh Al-Albani rahimhullah di dalam kitab shahih Ibnu Majah no: 3106)

Maka Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wasallam menjelaskan di dalam hadits ini bahwa perkara yang paling baik yang dipinta oleh seorang hamba adalah agar dia diberikan afiat oleh Allah Subhanahu wata’ala, sebab modal yang paling besar dan penopang yang paling agung agar seseorang bisa meraih kebahagiaan dunia dan akherat adalah merasakan sehat dan afiat.

Diriwayatkan oleh Al-Bazzar di dalam kitab Kasfil Astar dari Anas bin Malik bahwa Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wasallam melewati suatu kaum yang ditimpakan musibah atas mereka. Maka Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wasallam bersabda, “Tidakkah orang-orang ini memohon kepada Allah agar dihindarkan darinya?”(Al-Bazzar no: 3851 dishahihkan oleh Albani rahimahullah di dalam shahih sunan Ibnu Majah no: 3106)

Di dalam hadits ini dijelaskan bahwa meminta kepada Allah Subhanahu wata’ala agar diberikan penjagaan ('afiyah) akan menolak setiap bencana, mengangkat setiap ujian. Oleh karena itulah hadits Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wasallam ini datang dengan kalimat pertanyaan yang berarti pengingkaran. Seakan-akan Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wasallam bersabda kepada mereka: Bagaimana kalian bertahan membiarkan diri kalian di dalam bencana dan ujian ini? Padahal kalian bisa mendapatkan penawar yang pamungkas bagi bencana tersebut, yang mengobati dan menyembuhkan apa yang menimpa kalian yaitu berdo’a kepada Allah Subhanahu wata’ala agar diberikan afiat (perlindungan) dan meminta kepadaNya agar Dia menolak semua bencana yang telah terjadi dengan mengucapkan do’a yang sangat cukup ini.[]


*diringkas admin dari berbagai sumber



___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | PKS PIYUNGAN | PKS Tegal | PKS Magelang | PKS Jaktim | PKS Pontianak | PKS Sumut | MBO indonesia | Caksub
Copyright © 2013. PKS Kedungkandang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger