Home » » TEMPO: Hidayat-Didik Peroleh Simpati Publik Tertinggi 97 %, Foke Terendah

TEMPO: Hidayat-Didik Peroleh Simpati Publik Tertinggi 97 %, Foke Terendah

Written By Unknown on Thursday, May 3, 2012 | 7:28 PM

'Pasangan Foke-Nara, Riuh tapi Rendah'

TEMPO.CO, Jakarta - Pasangan calon Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli, akhir bulan April lalu "menguasai" perbincangan di sosial media. Meski menguasai perbincangan di jejaring sosial, percakapan itu tidak mempengaruhi simpati masyarakat terhadap pasangan yang didukung Partai Demokrat itu.

"Percakapan tentang Foke-Nara (demikian Fauzi-Nahrowi biasa dipanggil) itu riuh tapi rendah. Riuh karena banyak dipercakapkan, tapi rendah nilainya. Karena percakapannya kebanyakan mengandung unsur negatif," kata Daru Priyambodo, Pemimpin Redaksi Tempo.co, dalam peluncuran Indeks Politik Pilkada DKI di Warung Daun Cikini, Jakarta, Selasa, 1 Mei 2012.

Hasil riset Tempo.co bekerja sama dengan Politicawave.com dengan menangkap jutaan percakapan di Internet menunjukkan hal itu. Berdasarkan Indeks Politik Pilkada DKI Jakarta itu terlihat bahwa Net Brand Reputation (reputasi) pasangan Foke-Nara itu nilainya paling rendah, -51.57. Bandingkan dengan Net Brand Reputation Jokowi-Ahok yang nilainya 13,07 dan Hidayat-Didik yang skor reputasinya 22,9.

Menurut Daru, Indeks Politik Pilkada DKI menunjukkan, pada awal April, jumlah buzz--percakapan yang terjadi atas suatu brand di sosial media--pasangan Foke-Nara sempat tertinggal. Dalam satu hari hanya dipercakapkan 300-1.500 pesan per hari. Angka itu jauh di bawah pasangan Hidayat Nur Wahid-Didik J. Rachbini, Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria, apalagi Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama. Nilai buzz Foke-Nara hanya menang dari pasangan Faisal Basri-Biem Benjamin.

Namun, pada akhir April, keadaan justru berbalik 180 derajat. Foke-Nara justru memimpin jumlah percakapan pada akhir bulan lalu. Bahkan mengalahkan Jokowi-Ahok yang sebelumnya dianggap menuai simpati paling banyak di kalangan kelas menengah, yang notabene pengguna Twitter dan Facebook. Jumlah percakapan tentang Foke bahkan sampai mencapai 9.097 pesan per hari.

"Tapi percakapan saja tidak mempengaruhi simpati untuk pasangan itu. Banyaknya percakapan tidak menggambarkan sentimen positif tentang mereka," kata Daru.

Berdasarkan hasil riset Tempo.cobekerja sama dengan Politicawave.com, Foke-Nara hanya mendapatkan simpati 47,5 persen; Jokowi-Ahok 85,06 persen; dan pasangan yang paling tinggi mendapatkan simpati publik adalah Hidayat-Didik 97,83 persen.

*http://m.tempo.co/2012/05/01/401033/




___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | PKS PIYUNGAN | PKS Tegal | PKS Magelang | PKS Jaktim | PKS Pontianak | PKS Sumut | MBO indonesia | Caksub
Copyright © 2013. PKS Kedungkandang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger