Home » » Hari ini, Amir Qatar Tiba di Gaza Dalam Kunjungan Bersejarah

Hari ini, Amir Qatar Tiba di Gaza Dalam Kunjungan Bersejarah

Written By DPC Pkskedungkandang on Tuesday, October 23, 2012 | 8:09 AM


Tadi pagi, Selasa (23/10) Amir Qatar, Syaikh Hamdan ben Khalifah Alu Tsani tiba di Gaza didampingi istri ke Jalur Gaza melalui pintu Rafah. Ia adalah pemimpin Arab pertama yang mengunjungi Gaza sejak wilayah itu diblokade dunia internasional sejak tahun 2006 lalu.

Kedatangan tamu Negara ini disambut, perdana menteri Palestina, Ismael Haneya bersama para anggota parlemen serta pemimpin faksi perlawanan, kecuali Fatah dan kelompok kiri yang menolak undangan untuk menyambut Amir Qatar tersebut. Selain itu, ada sejumlah tokoh nasional, elemen rakyat. Kedatangan rombongan dari Qatar disambut resmi oleh pemerintah dan rakyat Palestina.

Di gerbang pintu Rafah, tampak anak-anak dan pemuda Palestina mengibarkan bendera Qatar dan Palestina saat Amir Qatar ini memasuki wilayah Gaza. Rakyat dan pemerintah Palestina menyambut baik kedatangan dari Qatar. Dalam salah satu tulisan terpampang “Terima kasih Qatar yang telah menunaikan janjinya”. Sejumlah proyek Qatar tentu akan mendukung perekonomian Palestina.

Dalam kunjungannya, Amir Qatar akan meresmikan sejumlah proyek, diantaranya program rehabilitasi bangunan dan memberikan pidato saat penyambutan oleh perdana menteri Palestina, Ismael Haneya.

Kunjungan ini merupakan yang kedua kalinya bagi Syaikh Hamad Alu Tsani. Pada tahun 1999 yang lalu, Alu Tsani sempat mengunjungi Gaza yang saat itu diterima mendiang Yasir Arafat. Saat itu juga, kunjungan Alu Tsani merupakan kunjungan pertama pemimpin Arab ke Gaza sejak perang 1967.

Haniyah: Kunjungan Amir Qatar Patahkan Blokade Politik Dan Ekonomi

PM Palestina, Ismail Haniyah mengapresiasi kunjungan Amir Qatar, Hamad bin Khalifah Alu Tsani. Kunjungan ini merupakan deklarasi resmi mematahkan blokade politik dan ekonomi dari Gaza.

Kunjungan yang dilakukan Amir Qatar ke Gaza adalah yang pertama dilakukan petinggi Arab setelah beberapa tahun blokade menimpa Gaza.

Dalam pidato peletakan batu pertama pembangunan perumahan atas nama Amir Qatar di Khan Younis, Haniyah menyatakan, tanah jihad Palestina hari ini menyambut salah satu pimpinan Arab dan Islam. Merupakan sebuah kehormatan bagi Palestina mendapat kunjungan pemimpin Arab, meski ditengah banyaknya tantangan dan rintangan serta beragam kesulitan.

Haniyah menyatakan, kunjungan ini sangat indah karena bertepatan dengan hari-hari yang diberkahi Allah. Di samping itu kunjungan ini membawa sejumlah pesan, bahwa Palestina selalu berada di hati jutaan umat, dan Gaza tidak sendiri berjuang di lapangan.

Kunjungan ini juga bertepatan dengan peringatan pertama pertukaran tawanan dan kemenangan perlawanan serta tekad perjuangan rakyat Palestina membebaskan para tawanan Palestina.

Haniyah menyampaikan terimakasih kepada Qatar atas sikapnya mendukung Gaza.

Amir Qatar Tambah Anggaran Rekonstruksi Gaza Menjadi 400 Juta USD

PM Palestina, Ismail Haniya mengumumkan saat penandatanganan MOU sejumlah proyek Qatar yang akan direalisir beberapa bulan kedepan bahwa Amir Qatar menambah anggaran rekonstruksi Gaza dari 254 menjadi 400 juta USD.

Haniyah menyebutkan, Amir Qatar menyetujui tambahan anggaran untuk tahap pertama perumahan Hamad dari 30 juta USD menjadi 45 juta USD.

Di kota syeikh Hamad akan direalisir proyek perumahan selama 3 tahap, setiap tahapnya terdiri dari 1000 unit perumahan dengan nilai proyek tahap kedua dan ketiga sebesar 90 juta USD.

Amir Qatar juga setuju penambahan anggaran RS Athraf As-Shinaiya yang akan dibangun di Utara Gaza senilai 2,2 juta USD menjadi 15 juta USD.

Di samping itu syeikh Hamas bin Khalifah setuju membangun kota bagi eks tawanan senilai 25 juta USD di area seluas 100 acre, dan membangun sejumlah klinik senilai 8 juta USD.

Kunjungan Qatar Langkah Penting Menuju Pembebasan Blokade Gaza

Juru bicara pemimpin Mesir, Dr. Yasir Ali menyambut kunjungan Amir Qatar, Syaikh Hamad Alu Tsani ke Jalur Gaza. Ia menegaskan, Mesir sangat antusias mengawal kunjungan ini, mengingat kedudukanya yang begitu penting dalam pembebasan blockade Gaza, tukasnya.

Dalam pernyataanya kemarin Senin (22/10) Ali mengatakan, ditengah peran Mesir dalam dukunganya terhadap masalah Palestina dan bekerja demi terhapusnya blockade, dengan ini Mesir menyambut baik kunjungan Amir Qatar ke Gaza. Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya kita dalam membebaskan rakyat Palestina dari blockade intenasional. Amir Qatar juga akan berkunjung ke Kairo, sepulangnya dari Gaza.

Sumber di Mesir menyebutkan, pasukan khusus tentara Mesir sudah dipersiapkan di perbatasan Arisy untuk mengamankan protokoler kunjungan Amir Qatar bekerja sama antara pemerintahan Mesir dan Qatar. Dimana untuk pertama kali, Amir Qatar akan mendarat di bandara Ariys kemudian jalan darat sepanjang satu kilomtere menuju perbatasan Gaza, setelah itu masuk melalui perlintasan Rafah.


*http://www.infopalestina.com/ms/



___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | PKS PIYUNGAN | PKS Tegal | PKS Magelang | PKS Jaktim | PKS Pontianak | PKS Sumut | MBO indonesia | Caksub
Copyright © 2013. PKS Kedungkandang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger